Mikel Arteta Resmi Jadi Manajer Arsenal

Bolafansclub.com – Arsenal telah menaruh kepercayaan mereka pada Mikel Arteta untuk menjadi manajer. Itu artinya, Arteta punya kewenangan lebih luas lagi untuk mengembangkan The Gunners.

Pada Desember lalu, pria asal Spanyol itu didapuk sebagai pelatih kepala setelah mengantikan Unai Emery. Ternyata kepercayaan yang diberikan manajemen berbuah manis setelah Arsenal menjadi juara Piala FA dan Community Shield. Arsenal pun mengamankan tiket Liga Europa.

Atas prestasi tersebut manajemen Arsenal akhirnya memberikan tugas baru buat Arteta yakni manajer tim.

“Arteta sudah ada di sini sejak akhir Desember dan sembilan bulan terakhir mungkin sembilan bulan paling menantang dalam sejarah Arsenal. Kami sudah ada selama 134 tahun. Terlepas dari semua tantangan itu, Arteta telah mendorong klub sepak bola ini maju,”kata kepala eksekutif Vinai Venkatesham dilansir laman resmi klub, Jumat (11/9/2020).

“Dia telah mengangkat semangat dan energi di sini di London Colney dan dengan penggemar Arsenal di seluruh dunia. Dia melakukan pekerjaan yang benar-benar fenomenal.”

“Hal lain yang jelas adalah bahwa sejak dia berjalan melewati pintu, dia melakukan lebih dari sekadar menjadi pelatih kepala kami. Jadi kami akan mengubah jabatannya ke depan. Dia akan pindah dari pelatih kepala untuk menjadi manajer tim utama. Itu adalah pengakuan atas apa yang telah dia lakukan sejak dia masuk, tetapi juga di mana kami melihat kemampuannya.

“Dia melakukan pekerjaan yang hebat dalam melatih tim utama dan itu adalah tanggung jawab utamanya, tetapi ada lebih banyak lagi yang bisa dia bawa dan itulah mengapa kami membuat perubahan ini, sebagai pengakuan atas kemampuannya dan juga pekerjaan yang sudah dia lakukan.”

“Jadi dalam hal bagaimana itu akan bekerja, ke depan Arteta akan bergabung dengan tim yang sangat kuat dengan Edu dan mereka akan bekerja sangat, sangat erat bersama untuk mengelola semua elemen lain dari operasi sepak bola kami yang sangat penting, apakah itu analisis, rekrutmen, kinerja tinggi atau medis, mereka akan menjaga area tersebut bersama-sama.”

“Dan mereka juga akan bersama-sama bertanggung jawab atas rekomendasi teknis kami, apakah itu pemain yang akan kami beli, apakah itu pemain yang akan kami jual, apakah itu pemain yang akan kami pinjamkan.”

“Tentu saja, bekerja sama dengan saya dan dewan direksi dan bekerja sama dengan pemilik dalam elemen keuangan untuk membuat keputusan akhir. Tetapi itu akan menjadi tanggung jawab mereka dan saya pikir kami akan memiliki tim yang sangat dinamis untuk mendorong ini semua,” papar Venkatesham.

Sekadar informasi, manajer di tim Inggris dan nagara lainnya mempunyai cakupan tugas yang lebih luas lagi. Tak hanya sekadar melatih dan meracik strategi, namun ia pun bertanggung jawab atas perkembangan sebuah tim.